Lucid Dream.

Assalamualaikum gaiseuu!

Sebenernya lagi mager buat ngetik tapi liat draft yang kemarin sempet diketik sedikit jadi semangat karena Lucid Dream is one of my favorite topic!!!.

Jadi, Lucid Dream adalah?

Istilah ini pertama kali disampaikan oleh psikiater jaman dulu bernama Frederik Willem van Eeden. Dia menerbitkan sebuah jurnal dengan judul "A Study of Dream" yang didalamnya merekam 352 Lucid Dream yang ia alami sendiri dari tahun 1898-1912.

Lucid Dream(mimpi sadar) adalah ketika kamu sadar bahwa kamu tuh lagi mimpi. Kamu bisa liat ada sesuatu yang janggal(sesuatu yang gak mungkin terjadi di dunia nyata) dan kamu sadar itu gak mungkin ada di dunia nyata melainkan di mimpi.

Setelahnya, kamu bisa 'mengatur' mimpi kamu sesuai apa yang kamu mau, yang gak bisa kamu lakukan di dunia nyata. Kalo biasanya mimpi berjalan dengan sendirinya, di Lucid Dream, kamu bisa mengontrolnya sesuka hati. Misalnya, di dunia nyata, kamu mengidolakan seorang artis, namun kamu tidak bisa memilikinya. Jika kamu mengalami Lucid Dream, kamu bisa 'mengatur' bahwa kamu dan si artis bertemu, saling jatuh cinta, terus menikah. Dan kamu sadar itu hanya mimpi yang bisa kamu kendalikan. (semacam halu gitu kali ya?)

Menurut searchingan aku, orang pertama yang ngelakuin percobaan gerakan mata untuk menandakan mimpi sadar adalah seorang relawan bernama Alan Worsley dalam eksperimen Keith Hearne. Di dalam penelitian tersebut, mereka menjelaskan bahwa mereka menggunakan gerakan matanya untuk mendeteksi dan menyadari bahwa mereka tengah bermimpi dan mereka mencoba mengontrol mimpi mereka. Diawal eksperimen, hasil dari percobaan ini gak dipublikasikan secara umum. Artikel nya baru dikeluarkan beberapa tahun kemudian oleh Stephen LaBerge di Universitas Stanford. (ga nemu artikel aslinya hiks, sedi:( )

Dr. Keith Hearne sendiri mengalami Lucid Dream waktu dia ketiduran di laboratorium Hull university jam 8 pagi tanggal 12 April 1975. Dia pun berpesan bahwa, "ketika ada orang yang menjadi pelopor baru dalam sebuah bidang, beberapa dari mereka terlalu antusias dan mencoba untuk mengklaim Asosiasi dan bahkan prioritas sehingga mereka memiliki gagasan yang salah tentang Lucid Dream dan peran perintisnya, beberapa jurnalis yang malas mencari informasi juga mengabadikan informasi yang keliru itu" dalam sebuah wawancaranya. https://www.world-of-lucid-dreaming.com/keith-hearne-interview.html

Kejadian ini juga dijelaskan di buku pertama yang menjelaskan Lucid Dream oleh Celia Green. Katanya, mimpi seseorang berkaitan dengan rapid eye movement sleep(REMsleep) dimana gerakan mata sangat cepat pada saat tidur. Green juga orang yang pertama kali menghubungan Lucid Dream dengan terbangun palsu (false awakenings).

Lucid Dream sebenarnya bisa dilatih dengan beberapa metode, tapi gak akan dibahas disini karena terlalu panjang dan aku rasa searchingan aku belum terlalu dalem jadi takut ada kesalahan informasi. Tapi, ada beberapa pendapat yang bilang bahwa setidaknya, manusia mengalami satu kali Lucid Dream dalam hidupnya secara tidak disengaja.

Lucid Dream bukan kejadian yang bisa direkayasa untuk mengelabui publik dan mengambil popularitas pencetusnya karena ini sudah diteliti oleh banyak orang, jadi jangan beranggapan ini bohong ya!:)

Soooo, have you ever feel or experienced Lucid Dream?

see ya!

Next; Wattpad Stories Reccomendation.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip, Menyenangkan atau Melelahkan?

Praktek Haji Kuy !