Belajar?

Ehm, Assalamualaikum teman-teman !

Balik lagi, dengan saya, yang selalu bahagia walau banyak kendala.

Kali ini topiknya mainstream banget gak sih?

Belajar. Bagi sebagian orang, kata-kata ini justru membebani hati dan pikiran. Apalagi bagi siswa kelas 6,9, dan kelas 12 nih. Sebenernya, kenapa sih, belajar terasa sangat berat bagi sebagian orang?

Setelah ngelakuin banyak-sedikit survey, rata-rata orang malas belajar, karena capek, nggak ngerti sama materi, dan faktor teknologi yang sekarang sangat canggih sampai apa-apa bisa order online. Nggak sedikit juga yang bilang kalo belajar itu melelahkan, bikin pusing, muter sana sini nyari rumus tapi ujung-ujungnya mentok gak ada jawaban. Sering kaya gitu, kan?

Nah, pertanyaannya, gimana cara menaikkan mood dan menjadi semangat dalam belajar?

Yang pertama sih simple, kamu cuma harus ikhlas dan menerima guru serta pelajarannya. Kalau dari awal kamu udah gak suka sama gurunya, maka sampe terakhir, materi yang disampaikan guru tersebut gak bakal masuk ke dalam otak kamu. Mulai cintai guru sendiri, oke?

Kedua, buat jadwal konsisten kapan kamu akan belajar tanpa ada gangguan apapun, dan kapan kamu akan istirahat. Tapi banyakin waktu belajar daripada istirahatnya ya?. Boleh kok, main hape disela sela belajar, asal jangan sampe kebablasan terus lupa sama buku yang di depan mata.

Ketiga, jangan terlalu stres dengan pelajaran itu. Kalau nggak bisa mengerjakan, tanyakan kepada guru, atau teman yang mengerti, atau ikut bimbel online juga bisa. Jangan dibawa pusing sendiri, santai aja, selow.

Keempat, jangan hafal pelajarannya, tapi PAHAMI konsepnya. Kalau dari awal kamu udah ngerti sama konsep dan maksud dari pelajarannya, maka kamu gak perlu capek-capek menghafal. Ini nih, yang sering terjadi di kalangan pelajar. Belajar dengan cara menghafal itu tidak efektif loh!. Karena kamu ngabisin waktu hanya untuk menghafal dan let me guess, hafalan itu akan hilang dalam waktu dua hari, iya kan?. Kalau kamu ada di perkuliahan, bayangin deh, satu buku yang setebal dosa itu mau kamu hafal?. Ga capek?

Kelima, jangan lupa berdoa, bertawakkal, berserah diri sama Tuhan. Kamu mungkin punya jadwal yang sibuk dengan les mata pelajaran, sekolah full day dan pekerjaan rumah lainnya, tapi yang diatas tetep gak boleh dilupain ya!. Karena dari Dia, semua berawal, dari yang diatas, kamu bisa mencapai kesuksesan kamu. Jadikan beribadah itu sebagai kebutuhan, bukan sebagai kewajiban kamu si pemeluk agama. Memang sih, ibadah itu wajib, tapi niatkan dalam hati kamu bahwa kamu ibadah ya buat diri kamu sendiri, kebutuhan kamu sendiri.


Kayanya cuma ini aja tips tipsnya, tapi yang paling terpenting dan utama adalah, niat!. Niatkan dalam hati kamu bahwa kamu harus belajar demi kesuksesan kamu, demi melihat senyum bangga orangtua kamu, demi mencapai apa yang sudah jadi tujuan kamu hidup di dunia.

see ya!

Next; Korean.

Komentar

  1. ketika saya mengantuk membaca susunan paragraf diatas, kedua mata saya tiba-tiba terbuka saat membaca 'Korean'.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip, Menyenangkan atau Melelahkan?

Lucid Dream.

Praktek Haji Kuy !