Praktek Haji Kuy !

Assalamualaikum teman teman !

Setelah lama hiatus dari blog kesayangan ini karena kehidupan nyata yang begitu menyiksa, saya kembali dengan bawa cerita baru nih!

Hari Sabtu, tanggal 12 Januari 2018, seluruh murid dari SMPS IT MUTIARA sudah melaksanakan Praktek Haji yang biasa disebut Manasik Haji. kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan. Disini, kita bisa belajar tatacara melakukan haji, hal-hal yang tidak boleh dilakukan, dan bacaan-bacaannya. Kegiatan ini selalu diadakan di Masjid Ushuludin yang letaknya tidak terlalu jauh dari sekolah kami.

Sebelumnya, kami sudah melakukan gladikotor pada satu minggu sebelum hari H, dan juga gladibersih sua hari sebelum hari H, jadi kami sudah dilatih terlebih dahulu dan melakukan kegiatannya dengan lancar. Pada hari Sabtu, kami semua berkumpul di Aula mesjid untuk persiapan pada pukul 7:00 pagi. Kami diberi sarapan dan minuman serta camilan oleh orangtua wali murid yang berpartisipasi. Setelah menunggu sekitar 20 menit, siswa laki-laki melakukan sholat sunnah terlebih dahulu dan mewakilkan sholatnya siswa perempuan. Setelahnya, mereka memulai umroh dengan diawali rombongan kloter pertama(per kelas).



Umroh diawali dengan masuk kedalam Masjidil Haram dan mengelilingi ka'bah, m,embaca d\a tawaf, dan setelah 7 putaran, kita mengarah ke bukit shofa dan mengitari bukit shofa dan marwa. setelah mengitari dua bukit itu 3 kali, kita menuju tempat pemotongan rambut(tahalul) yang bermakna umroh kita telah selesai.

setelahnya, kami berjalan ke arah penginapan(sebut saja begitu) dan mulai membaca niat haji. kami berjalan ke Padang Arafah untuk melanjutkan ibadah Haji. setelah sholat dan mendengar kutbah, kami per kloter berjalan menuju tempat pelemparan jumrah. setelahnya, kegiatan kembali diulang dari awal untuk penyempurnaan.

Hari itu, lapangan mesjid dihiasi dengan lantunan kalimat talbiah dan dzikir. Semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun kecuali matahari yang menampakkan sinarnya terlalu terik hingga kami kepanasan. selebihnya, semua aman dan terkendali.

satu hal lagi, ini adalah Manasik Haji terakhir kami sebagai murid kelas sembilan. 

Sekian dulu yaa, sampai jumpa di blog selanjutnya!

next ; Field Trip, Menyenangkan atau Melelahkan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Trip, Menyenangkan atau Melelahkan?

Lucid Dream.